Marketing Efektif di Era Digital? Coba Teknik-Teknik Berikut!

Perusahaan yang sukses tentu harus memiliki kemampuan untuk menghubungkan pelanggannya secara online, menciptakan koneksi dengan para pemimpin industri, maupun mempresentasikan produknya dengan cara yang unik, kreatif, dan menarik mata.


Di dunia yang serba terhubung ini, hampir tidak mungkin untuk tidak melihat pentingnya pemasaran digital demi kesuksesan bisnis. Jangankan untuk jenis usaha yang mikro, semisal kamu memiliki pabrik tas aja memasarkan memalui media digital akan lebih menguntungkan. Coba simak ! apa aja yang mesti diperharikan untuk menyiasati pemasaran di era digital seperti sekarang ini.

Perusahaan yang sukses tentu harus memiliki kemampuan untuk menghubungkan pelanggannya secara online, menciptakan koneksi dengan para pemimpin industri, maupun mempresentasikan produknya dengan cara yang unik, kreatif, dan menarik mata.

Sebagai contohnya, Kamu sudah memproduksi tas sedemikian rupa, namun ternyata memasarkannya menuai kendala. Apa yang harus dilakukan? Sementara produki dari pabrik tas Kamu terus berjalan?

Pemasaran digital menawarkan kesempatan tanpa batas untuk mengetahui strategi apa saja yang ampuh dan booming di saat itu juga.

Jika Kamu adalah pemilik usaha startup. Besar kemungkinan Kamu memiliki sedikit sumber daya dan dana. Pemasaran digital dapat menawarkan Kamu kemungkinan-kemungkinan pemasaran yang lebih baik dan efektif secara dana.

Statistik menunjukkan sekitar 40 persen pengguna pemasaran digital dapat lebih baik menghemat dana untuk promosi dan pelayanannya. Selain itu, saat ini sebagian pemilik bisnis sudah mengalokasikan budget secara khusus dari penggunaan media tradisional untuk diinvestasikan pada penggunaan teknik dan alat-alat pemasaran digital.

Selain itu, pemasaran digital saat ini lebih diminati daripada pemasaran tradisional karena kemampuan Internet dalam menyediakan sarana interaksi terhadap pelanggan target Kamu.

Interaksi dalam bentuk apapun adalah yang dibutuhkan oleh pelanggan Kamu, terhadap produk dan bisnis Kamu. Bagaimana perusahaan Kamu dapat memunculkan interaksi ini adalah titik pembeda antara kegagalan dan kesuksesan bisnis Kamu.

Kekuatan pemasaran digital terletak pada kemampuannya menarik traffic pelanggan. Pelanggan semacam ini bisa jadi sudah siap untuk lebih mengenali produk, jasa dan merek Kamu, dan memiliki ketertarikan untuk membeli produk tawaran Kamu.

Membawakan kepada pelanggan Kamu apa yang dijanjikan dapat menciptakan hubungan yang baik antara Kamu dengan pelanggan Kamu, serta membuat mereka menjadi pelanggan setia yang akan berinteraksi dengan produk Kamu setiap kali secara terus-menerus.

Hal ini tentu saja akan berpengaruh positif terhadap reputasi produk Kamu, karena pelanggan yang puas akan menginformasikan hal tersebut kepada calon pelanggan yang lain tentang pengalamannya menikmati produk atau jasa Kamu.

Produk atau jasa Kamu, kemudian, akan viral sesuai harapan Kamu, membuka pintu kesempatan untuk mencapai pasaran yang lebih besar sekaligus meraih pertumbuhan bisnis yang signifikan.

Teknik-teknik pemasaran digital yang sederhana dapat memberikan perusahaan Kamu kesempatan untuk memberikan pengaruh secara online, baik bagi usaha startup maupun yang berkelas multinasional.

            Berikut ini adalah 5 teknik pemasaran digital yang dapat membantu Kamu untuk memulai

1. Teknik pemasaran konten

            Salah satu yang paling populer dalam dunia pemasaran digital adalah pemasaran konten, atau secara esensi adalah “menceritakan” produk Kamu. Konten disini dapat berarti apapun yang memuat pesan yang jelas, termasuk sekumpulan gambar yang menarik perhatian, video, postingan blog, ataupun artikel berita.

Pemasaran konten ini berbeda dengan teknik pemasaran tradisional dengan kemampuannya untuk meghindari iklan yang berlebihan, dan konsumen yang cerdas dapat saja membedakan mana konten yang memang berkualitas dengan pengiklanan berlebihan.

Seperti halnya cerita, konten yang bagus haruslah original, dinamis, dan mudah dibagi. Pemasaran konten yang paling efektif menggunakan bahasa yang mudah dicerna untuk memberikan “cerita” yang mampu meraih kepercayaan konsumen sekaligus membangun reputasi produk yang positif.

Pemasaran konten juga sangatlah fleksibel. Kamu dapat memikirkan cara-cara untuk mengemas kembali “cerita” produk Kamu sehingga dapat menargetkan kelompok-kelompok konsumen yang mana tidak pernah menjalin hubungan pribadi dengan Kamu sebelumnya.

Biasanya, setelah konten sudah dibuat, para pemasar digital menggunakan tool seperti Outbrain Amplify untuk mendistribusikan konten buatan Kamu kepada masyarakat yang lebih luas. Karena, seberapa menarikpun isi konten Kamu, tidak bisa benar-benar efektif jika tidak dapat dilihat oleh kalangan luas.


2. Alat-alat media sosial

            Kamu pastinya sudah pernah menggunakan salah satu jenis sosial media sebagai cara untuk berkomunikasi dengan konsumen Kamu. Dan jika belum, apa lagi yang Kamu tunggu? Media sosial adalah salah satu alat bantu marketing terbaik yang mampu mengakrabkan produk Kamu dengan masyarakat sekaligus menghubungkan Kamu dengan konsumen di saat ini juga.

Strategi pemasaran digital yang kuat tentunya melibatkan semua jenis sosial media yang cocok dengan institusi maupun produk, sebut saja Twitter, Facebook, LinkedIn, Pinterest, Instagram, dan Google Plus.

Tentu saja media-media ini memiliki fungsinya tersendiri. Twitter dapat Kamu ibaratkan telepon virtual, di mana konsumen dapat menggunakannya untuk bertanya atau mengajukan komplain. Media sosial yang berbasis gambar, seperti Instagram dan Pinterest, merupakan alat yang bagus untuk menmpilkan konten-konten visual.

Tentu saja sangat penting untuk tetap update tren-tren terkini, misalnya menggunakan fitur Influencer di LinkedIn, yang mana mempromosikan para pemain-pemain industri kelas kakap yang menjadi pemimpin bidangnya masing-masing, sekaligus menyediakan forum bagi mereka untuk berbagi pengetahuan.


3. Go mobile
            Semakin banyak konsumen Kamu yang berusaha mengakses informasi menggunakan gadget praktis. Mendirikan website yang memiliki desain yang sesuai dengan format mobile, baik itu smartphone maupun tablet, dapat memberikan Kamu keuntungan diantara saingan Kamu.

Banyak pemasar yang sekarang menggunakan lebih jauh teknik ini dengan menggunakan data dari media sosial seperti Facebook dan Twitter sebagai alat checkin, maupun data dari Adwords dan GPS gadget, untuk menargetkan iklan dan menciptakan gambaran lengkap tentang pelanggan Kamu, kemana dia pergi, apa yang sedang dicarinya, dan kapan dia menginginkannya.

Memahami konteks keinginan dan perilaku pelanggan Kamu merupakan kunci untuk memaksimalkan pemasaran Kamu dan menawarkan produk yang paling diinginkan.


4. Retargeting
            Salah satu teknik pemasaran digital yang juga efektif adalah retargeting atau menyusun kembali target, dimana vendor akan melacak konsumen menggunakan penempatan cookie internet dan menunjukkan secara terus-menerus produk yang sebelumnya dilihat lewat internet atau website.

Teknik retargeting ini merupakan cara yang simpel tetapi kuat, untuk membuat merek dan produk buatan Kamu tetap berada dalam pikiran para pelanggan potensial sehingga memerlukan usaha yang lebih sedikit untuk mengiklankan perusahaan Kamu.

Seiring peningkatan teknologi retargeting ini meningkat, perusahaan yang fleksibel akan bercokol di puncak tren untuk menemukan cara-cara baru demi meningkatkan profile produknya.

5. Membangun komunitas
            Salah satu kesamaan dari teknik-teknik pemasaran digital yang ada saat ini adalah keharusan bagi perusahaan untuk melihat konsumer dan kebutuhannya sebagai individu, bukan sekedar angka statistik pembukuan. Perhatikan WestJet yang viral baru-baru ini, dimana yang dilakukannya adalah memenuhi keinginan para penumpangnya di hari Natal secara diam-diam.

Dengan cara ini, WestJet dapat memberikan suasana yang hangat dan manusiawi dalam maskapai tersebut, yang mana bukan perkara mudah, dan menunjukkan responsivitas mereka kepada pelanggan. Perusahaan harus menunjukkan keingnan yang tulus untuk memahami kepribadian pelanggan yang dinamis dan menggunakan komunikasi sebagai cara untuk membangun komunitas pelanggan yang selaras dan otentik.

Semakin kita bergantung dengan teknologi digital, komunitas pemasaran sekarang memiliki tempat yang lebih fleksibel dan lebih luas di dunia maya. Bahkan perusahaan-perusahaan semacam pembuat semen dan cor juga dapat menjadi partisipan global di komunitas ini.

Pemasaran digital dapat memberikan Kamu keuntungan untuk bergerak melampaui jangkauan fisik Kamu dan bergabung ke dunia yang lebih luas.


COMMENTS

BLOGGER: 5
Loading...
Name

21 April,1,Air Terjun,2,Artikel,36,Cerita Pendek,2,Cerpen,2,Curhat,36,Desain,17,Film,2,Film keren,1,Game Of Thrones,1,GOT,1,Hiburan,8,Ilustrasi,16,Indonesia,2,Kartini,1,Kisah Cinta,1,Kisah romantis,1,Lombok,1,Lukisan Termahal,2,NTT,1,Opini,16,Pahlawan,2,Pelopor,2,Pelukis,2,Perempuan,1,Peringatan hari Kartini,1,Sahabat,4,Sastra,19,Sejarah,1,Serial Fantasi,1,Sketsa,3,Slider,2,Teknologi,4,theWagia,63,Vector,11,Wagia Blog,1,
ltr
item
theWagia: Marketing Efektif di Era Digital? Coba Teknik-Teknik Berikut!
Marketing Efektif di Era Digital? Coba Teknik-Teknik Berikut!
Perusahaan yang sukses tentu harus memiliki kemampuan untuk menghubungkan pelanggannya secara online, menciptakan koneksi dengan para pemimpin industri, maupun mempresentasikan produknya dengan cara yang unik, kreatif, dan menarik mata.
https://4.bp.blogspot.com/-1b5X21gq8nI/WJQHDJtydbI/AAAAAAAADLM/4DVwKuhYu6wiTcfsqoO7xlXZIDFPODvSQCLcB/s640/Social-Media-Marketing.png
https://4.bp.blogspot.com/-1b5X21gq8nI/WJQHDJtydbI/AAAAAAAADLM/4DVwKuhYu6wiTcfsqoO7xlXZIDFPODvSQCLcB/s72-c/Social-Media-Marketing.png
theWagia
https://thewagia.blogspot.com/2017/02/marketing-efektif-di-era-digital-coba.html
https://thewagia.blogspot.com/
http://thewagia.blogspot.com/
http://thewagia.blogspot.com/2017/02/marketing-efektif-di-era-digital-coba.html
true
1103063318436841508
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy